13 Oktober "Sehari Tanpa Kutang"


sumber gambar dari google.com


Sehari Tanpa Kutang, atau yang lebih dikenal dengan No Bra Day jatuh pada tanggal 13 Oktober (hari ini sist ..)

Hari Tanpa Kutang (lemme say like that cus i'm an Indonesian), diciptakan untuk mengenang dan melakukan himbauan tentang Kanker Payudara yang kini semakin tinggi parameternya seiring berjalannya waktu

Welllll,
buat para cowok, buka kacamata erotis kalian dan mulai berpikir dengan otak yang bersih, okay ?

Disini bakal aku bahas tentang cara pencegahan kanker payudara, terutama bagi kalian para cewe. Kalian lebih rentan 100x dibanding cowok (jangan salah, cowok juga bisa kena lho)

Dilansir dari faktakanker.com, ada beberapa hal dan gaya hidup yang dapat menyebabkan seseorang terjangkit kanker payudara, yaitu :

1.  Minum minuman keras a.k.a alkohol

Menurut penuturan peneliti yang dikutip di dailymail.com, alkohol meningkatkan kadar hormon estrogen dalam tubuh yang dapat memacu pertumbuhan sel kanker payudara, masih mau minum gituan ? *nyanyi oplosan*

2. Berat Badan

Jika kata berat badan muncul, pemikiran apa yang terllintas di dalam kepala kalian ? Hahhh.. bener banget, OBESITAS. GENDUT. BERLEMAK. Mannnn, aku juga sempet stres gara-gara lemak yang terkumpul tidak pada tempatnya. Well, kita perlu menjaga indeks berat badan rata-rata kita ya. Jika kalian sedang menjalani diet, jangan diet terlalu ekstrim. Susah kan, gendut salah, mau diet juga salah. Point-nya temukan pola makan yang sehat dan sesuai dengan masing-masing tubuh. Dan aku saranin jangan makan malam, karena biasanya waktu malam adalah waktu istirahat, abis makan tidur, big no no no no. Nggak sehat, dapat memacu kanker dan diabetes sista...
Dan bukan hanya obesitas biasa yang dapat memacu kanker payudara, namun obesitas setelah menopause. Be careful ladies.

3. Jarang Olahraga

Kalian menduga jika orang yang jarang berolahraga, walau banyak istirahat, cukup tidur malah gampang lemas ?
Olahragalah, memang pertamanya capek. Nanti tubuh juga akan terbiasa kok, dan malah kalian akan merasa lebih segar.
Nggak usah muluk pergi ke gym, atau jogging pagi (aku tahu kalian nggak bakal sempet), cukup biasakan jalan kaki atau gunakan tangga instead lift maupun eskalator. It works !

4. Merokok

Yah, aku sempet bahas bahaya merokok sebelumnya, kalimat familiar 'Merokok Membunuhmu', masih kurang jelas ?

5. Tidak Menyusui

Hai kalian para calon ibu, ternyata keuntungan menyusui tidak hanya untuk anak kita lho, namun juga untuk kita. Aktivitas menyusui dapat menjaga kestabilan hormon ekstrogen yang ada dalam tubuh, sehingga memperkecil resiko terkena kanker payudara.

6. Radiasi

Hindari radiasi sinar X pada masa pubertas adek-adek, kira-kira sampe umur 20 tahun lah.

7. Terapi Hormon Pasca Menopause

Hindari terapi ini dalam jangka panjang, yah, aku juga agak nggak paham yang beginian, menurutku hal ini perlu dikonsultasikan dengan dokter.

8. Konsumsi Pil KB

Penelitian menyebutkan jika mengkonsumsi pil KB dapat meningkatkan resiko kanker payudara, pemakaian pil KB juga harus dikonsultasikan dengan dokter yaaa.

9. Melahirkan Anak (dibawah umur 30 tahun)

Menurut penelitian yang ada, melahirkan diatas umur 30 tahun dapat memperkecil resiko terjadinya kanker payudara.

Oh iya, dan masalah copot bra pas mau tidur kalau ngga mau kena kanker payudara itu cuma H O A X, nggak ngaruh. Dikutip dari aura.co.id "Amber Guth, M.D., profesor bedah dari Breast Cancer Surgery Multidisciplinary Fellowship di NYU Langone Medical Center menyebutkan, memakai bra di saat tidur sebenarnya tidak akan menyebabkan resiko penyakit apapun. Hal ini dibuktikan lewat riset yang dipublikasikan dalam jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention, yakni tidak ada kaitan antara resiko kanker payudara dengan penggunaan bra, khususnya pada wanita yang telah melewati masa menopause. Hasil riset ini diamini Lu Chen, MPH, periset dari Public Health Sciences Division di Fred Hutchinson Cancer Research Center.

“Resikonya tetap sama, tidak peduli berapa lama bra dikenakan, apa jenis bra yang dipakai, atau di usia berapa mereka mulai memakai bra,” ujar Lu Chen seperti dikutip dari laman Eurekalert.
"



Intinya, terutama bagi cewe-cewe nih, kalian harus mengurangi kadar hormon estrogen kalian. Keep healthy bae! Heart ya'll.





B-Rabbit
 

Comments